Selamat Datang di Blog HMJ Sosiologi FISIP Universitas Lampung

Senin, 11 November 2013

Manfaat Organisasi bagi Mahasiswa

Posted by Unknown On 21.06 No comments
Manfaat Organisasi bagi Mahasiswa


Tono kecewa berat ketika masuk ke suatu organisasi kampus. Ia yang menggebu-gebu ketika masuk menjadi loyo beraktivitas. Apa yang terjadi? Ia kecewa, sebab di organisasi yang ia masuki menurutnya yang terjadi hanyalah debat kusir. Kalau begini, mendingan saya keluar saja. Tonopun keluar dari organisasi itu, dan tidak mau masuk ke organisasi kampus lainnya. Tepatkah keputusan Tono itu?
Beroganisasi bagi mahasiswa sangat penting. Memang tentu saja tidak seperti apa yang dibayangkan. Ambil yang positif. Beroganisasi bisa merupakan ajang latihan bagi mahasiswa. Beroganisasi itu ibarat media untuk melatih kepekaan social, dan lain sebagainya. Berikut ini saya sajikan beberapa manfaat berorganisasi bagi mahasiswa, yaitu:
1) Memperluas pergaulan
2) Meningkatkan wawasan/pengetahuan
3) Membentuk pola pikir yang lebih baik
4) Menjadi kuat dalam menghadapi tekanan
5) Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
6) Melatih leadership (kepemimpinan)
7) Belajar mengatur waktu
8) Memperluas jaringan (networking)
9) Mengasah kemampuan social
10) Ajang latihan dunia kerja yang sesungguhnya
Tips agar organisasi bermanfaat
Beberapa tips bisa Anda jadikan pegangan dalam memilih organisasi, agar organisasi itu sesuai dan bermanfaat bagi Anda, antara lain:
1) Lihat visi dan misi organisasi itu
2) Pelajari jenis kegiatan yang dilakukan. Apakah sesuai dengan minat, kemampuan dan waktu luang Anda?
3) Posisi apa saja yang ada dalam organisasi itu. Sesuaikan posisi yang Anda inginkan. Pelajari kemungkinan Anda menduduki posisi itu.
4) Setelah bergabung tunaikan hak dan kewajiban Anda dengan bersemangat. Coba paling tidak 3 bulan
5) Jika selama 3 bulan Anda merasakan manfaatnya maka teruskan, dan jika tidak bermanfaat segeralah mundur dan cari organisasi lain yang lebih sesuai.

Jangan Anda cepat kecewa ketika organisasi itu belum sesuai dengan harapan. Anda harus ingat bahwa orang lain juga punya harapan kepada Anda. Jadi, cobalah memahami gerak organisasi tersebut, dan cobalah sesuaikan diri Anda. Di dalam oraganisasi inilah Anda berlatih banyak hal sebagaimana yang telah saya uraikan di atas. Yakinlah bahwa organisasi itu amat berguna bagi masa depan Anda. Mereka yang aktif berorganisasi ketika mahasiswa, mereka lebih mampu menghadapi tantangan dunia nyata ketika mereka telah terjun ke masyarakat. Jika ada masalah di dalam organisasi itu pasti, tapi itu semua harus dihadapi dan diselesaikan. Bukan untuk dihindari. Nah, disinilah Anda berlatih dan berlatih dalam memecahkan dan menyelesaikan persoalan-persoalan. Jadi, wahai para mahasiswa berorganisasilah, dan tekunlah disana!

REFERENSI : http://uripsantoso.wordpress.com/2011/12/04/manfaat-organisasi-bagi-mahasiswa/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Youtube